Download Tindak Lanjut Guru Pembelajar Online (GPO)
Pengertian
dan Program Guru Pembelajar_Apa itu Guru Pembelajar?, menurut Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan ( Bapak Anies Baswedan ), definisi Guru
pembelajar adalah guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan
(upgrade) diri di setiap saat dan di manapun. Guru terus belajar dan
mengembangkan diri bukan untuk pemerintah atau kepala sekolah, tapi
memang sejatinya setiap pendidik atau guru adalah pembelajar. Hanya dari
guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar
sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan
lingkungannya. Guru pembelajar adalah guru yang senantiasa terus belajar
selama dia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Oleh karena itu,
ketika seorang guru memutuskan untuk berhenti atau tidak mau belajar
maka pada saat itu dia berhenti menjadi guru atau pendidik.
Kebijakan Program Guru Pembelajar Kemdikbud
Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutan pada Upacara Peringatan Hari
Guru Nasional (HGN) tahun 2015 mengajak seluruh guru untuk menjadi Guru
Pembelajar, guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi
peserta didiknya, guru yang hadir mengirimkan pesan harapan, guru yang
makin menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme, dan keceriaan. Guru
merupakan seorang pembelajar yang secara terus menerus belajar untuk
meningkatkan kualitas dirinya.
Guru merupakan role
model atau contoh bagi para peserta didik sehingga tampilan awal guru
sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pembelajaran para peserta didik.
Guru dapat menyajikan proses pembelajaran yang menarik, memberi
motivasi, dan menginspirasi dari pengetahuan dan pengalaman guru yang
senantiasa diperbaharui dengan berbagai masukan positif yang didapat
dari berbagai sumber belajar. Pengetahuan dan pengalaman dapat diperoleh
dari buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar
pendidikan, serta pendidikan dan pelatihan.
Dalam
proses belajarnya, guru menghasilkan karya dan inovasi yang mencerahkan
untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas sehingga
menumbuhkan semua potensi peserta didik dan mereka bukan sekadar bisa
meraih, tetapi bisa melampaui cita-citanya. Guru bukan hanya seorang
pengajar tetapi lebih dari itu guru merupakan pendidik. Sebagai pendidik
guru harus memiliki berbagai kemampuan sebagai kompetensi yang harus
dimiliki sebagai pendidik yang profesional.
Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus belajar selama dia berprofesi sebagai pendidik, sebagai berikut.
1.
Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan
berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar
sepanjang hayat.
2. Perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan
hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru
dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru.
Adapun kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan, seminar
maupun melalui studi kepustakaan.
3. Karakter peserta
didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi
tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang
digunakan pada peserta didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan
pada peserta didik generasi sekarang. Oleh karena itu, cara ataupun
metode pembelajaran yang digunakan guru harus disesuaikan dengan kondisi
peserta didik saat ini.
Berdasarkan alasan tersebut di
atas, guru pembelajar harus terus belajar, mampu beradaptasi dengan
perubahan, dan dapat menginspirasi peserta didik menjadi subjek
pembelajar mandiri yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.
Kelompok
Kerja Guru (KKG) merupakan suatu wadah dalam pembinaan kemampuan
profesional guru, pelatihan dan tukar menukar informasi, dalam suatu
mata pelajaran tertentu sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Menurut Julia Kelompok Kerja
Guru (KKG) merupakan wadah dalam pembinaan profesional guru yang dapat
dimanfaatkan untuk berkomunikasi, bertukar fikiran dan berbagi
pengalaman, melaksanakan berbagai demonstrasi, atraksi dan simulasi
dalam pembelajaran. Sedangkan menurut Din Wahyudin: “KKG merupakan wadah
profesional guru yang aktif, kompak dan akrab. Di dalam wadah ini para
guru dapat membahas permasalahan dari mereka dan untuk mereka”.Dari
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Kelompok Kerja Guru (KKG)
adalah sebuah forum/organisasi atau perkumpulan guru-guru mata pelajaran
yang mempunyai kegiatan khusus memberikan informasi-informasi
pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pribadi guru dalam proses
belajar mengajar.
Menindaklanjuti Surat dari Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan
Budaya nomor 1289/B13.2/PP/2017 tanggal 27 April 2017 perihal
Pemberitahuan Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pemberadayaan Kelompok
Kerja, kami mohon dengan hormat bantuan Saudara untuk :
1.
Memastikan semua guru dan tenaga kependidikan terdaftar dalam kelompok
kerja melalui sistem informasi yang dapat diakses melalui alamat Disini
2.
Memastikan seluruh guru dan tenaga kependidikan menerima akun
masing-masing untuk dapat melihat rapor hasil uji kompetensi guru serta
mendaftarkan diri untuk dapat melihat rapor hasil uji kompetensi guru
serta mendaftarkan diri untuk mengikuti program guru pembelajar atau
menerima informasi lain dalam mengikuti program tersebut melalui alamat Disini untuk guru, serta Disini untuk tenaga kependidikan.
Komentar
Posting Komentar